BAGAIMANA MENDETEKSI KEBERADAAN VIRUS COVID-19? JASA TRANSLATE ONLINE


🍁Karimah Muhammad. Clinical Pharmacist. CPE Alumni ITB

Metode berbasis asam nukelat (nucleic acid), penyusun DNA dan RNA virus, ada 2 jenis:
🌳Metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Prinsip sederhananya: mengambil sepotong DNA, diperbanyak jumlahnya, setelah itu dibandingkan urutan gen DNA-nya. Metode PCR ini yang digunakan di China maupun disini.
🌳Metode Sequencing: bertujuan untuk mengetahui perbedaan berbagai virus yang memiliki kemiripan sangat dekat. Misal: dari genus corona, bisa membedakan antara SARS, MERS dan Covid-19.

Ada 2 jenis PCR:
🍎PCR viral detection test: hanya mendeteksi keberadaan virus Covid-19. Digunakan untuk mengkonfirmasi keberadaan virus secara kualitatif (positif atau negatif), khususnya pada pasien yang hasil tes antibodinya (serologi) tidak konklusif (masih samar), atau yang tanda dan gejalanya juga tersamar, atau bahkan asimptomatik (tanpa gejala).
Detection kits jenis ini yang diproduksi secara massal oleh China. Mereka memproduksi 1,7 juta unit per hari. (((Wow…))). Sedangkan tes kits serologi (untuk menguji keberadaan antibodi) hanya diproduksi 350.000 unit per hari
🍎PCR Viral load test: mendeteksi keberadaan virus Covid-19 dan mengestimasi berapa jumlah virus per miliiter darah. Ini metode kuantitatif yang menentukan keparahan penyakit.

Cara deteksi:
🍪Sampel penderita: diperoleh dengan mengusap hidung atau tenggorokan, sehingga diperoleh cairan tubuh yang mengandung virus.
🍪Sampel kemudian dicampur dengan reagen di dalam tabung. Yang disebut reagen: enzim DNA polimerase, dua oligonucleotide primer, deoxynucleotide triphosphate (dNTP), buffer dan magnesium. Reagen inilah yang diberitakan berharga 1 milyar rupiah, (((wow…))), entah untuk berapa kali uji. Primer adalah reagen yang mengandung materi genetik virus Covid-19.
Ini adalah pengujian untuk skala laboratorium, yang sekali periksa harus membayar Rp. 1 juta.

🍪Tabung tersebut kemudian dimasukkan ke dalam thermal cycler atau PCR machine. Ini baru yang disebut dengan ALAT. Mungkin sudah terdapat beberapa di Indonesia, karena alat ini bisa digunakan untuk pengujian yang lain, bukan hanya virus Covid-19. Yang spesifik untuk uji Covid-19 hanya reagennya.

Thermal cycler atau PCR machine inilah yang akan melakukan serangkaian reaksi pada berbagai suhu dan waktu, yang dikenal sebagai satu siklus amplifikasi, untuk memperbanyak DNA dari sampel pasien. Proses yang terjadi:

🍒Denaturasi template (DNA target, yang mengandung virus): dipanaskan pada suhu 94°C atau lebih selama 15 detik – 2 menit. Dalam proses denaturasi ini 2 pita DNA yang saling melilit (intertwined strand) akan terpisah satu sama lain, sehingga dihasilkan satu pita DNA template. Pita DNA tunggal inilah yang nantinya akan direplikasi (diperbanyak, diamplifikasi) oleh enzim DNA polimerase. Lihat gambar.

🍒Primer annealing: berikutnya suhu diturunkan dari 94°C menjadi 40-60 °C, sehingga oligonuceotide primers (pembanding) akan bergabung dengan pita DNA tunggal membentuk anneal yang stabil, sekaligus menjadi primer untuk DNA polimerase tahap berikutnya. Lihat gambar. Proses ini berlangsung selama 15-60 detik.

🍒Primer extension: suhu dinaikkan ke 70-74 °C, yang optimal untuk DNA polimerase melakukan sintesis DNA baru. Proses ini berlangsung selama 1-2 menit. DNA baru hasil sintesa ini dikenal sebagai PCR product atau amplicon

Secara teoritis 1 kali siklus akan melipatduakan jumlah DNA target, 10 kali siklus akan memperbanyak 1.000 kali dan 20 kali siklus akan memperbanyak hingga 1 juta kali, hanya dalam hitungan jam. Umumnya setelah 20 – 40 kali siklus, yang mampu meningkatkan jumlah fragment DNA 10 juta hingga 10 milyar kali, amplicon yang terbentuk sudah bisa digunakan untuk analisa.

Terhadap amplicon kemudian dilakukan proses elektroforesis, untuk memisahkan fragmen DNA sesuai dengan ukurannya. Sampel DNA dimasukkan ke tabung pada ujung gel, kemudian diberikan arus listrik untuk menarik DNA tersebut melalui gel. Karena fragmen DNA bermuatan negatif, maka fragmen tersebut akan bergerak ke elektroda positif. Hasilnya dibandingkan dengan primer.

Quick detection kits bisa memberikan hasil positif atau negatif dalam waktu paling cepat 15 menit. Ini mirip tes gula darah atau tes kehamilan untuk di rumah. Sedang penjelasan di atas berlaku untuk skala laboratorium.

Yang belum jelas: punyakah kita detection kits ini? Berapa banyak? Jubir resmi pemerintah tidak pernah bicara tentang hal ini

KM. 4 Maret 2020

Sumber Klik disini

Terkait Jasa Translate Bahasa Inggris, kami siap membantu Anda dalam menerjemahkan berbagai dokumen penting non tersumpah. Ingat! Jaga diri Anda dan keluarga Anda. Tidak perlu banyak jalan-jalan diluar kecuali waktu yg mendesak dan dibutuhkan. Sering-seringlah cuci tangan menggunakan sabun dan jangan menyentuh muka. Butuh translate dokumen? Silakan langsung menghubungi kami 24 JAM NONSTOP

Klik WA.Me/6281217493815

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

JASA TERJEMAHAN TERBAIK DI INDONESIA

Selamat Datang di Tahun 2020, Spesial Tarif Terjemahan Perlembar Untuk Anda. Mau Translate berkualitas dengan harga murah? Kamilah Solusinya!

Klik WA.Me/6281217493815

Kantor Pusat : Jalan Batu Bara No.37, Malang – Jawa Timur- Indonesia

Phone : 0856 0856 1596 (INDOSAT) – 0812 1749 3815 (TELKOMSEL)
Email : firmansyahbudianto@gmail.com

Tarif terjemahan perlembar selengkapnya klik disini

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

jasa translate inggris indonesia malang

Selamat Datang di Tahun 2020, Spesial Tarif Terjemahan Perlembar Untuk Anda

Klik WA.Me/6281217493815

Selamat datang di Website Kami, Semoga dilancarkan rezekinya

Mau Translate berkualitas dengan harga murah? Kamilah solusinya!

Kami telah hadir sejak tahun 2012, kali ini di tahun 2020 kami menerima order kurang lebih 55.000 lembar. Ini hasil kerjasama kami dengan beberapa pihak Perusahaan Jasa Translate.

Kami akan menerjemahkan sesuai kebutuhan Anda terkait Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang

Adapun Tarif Terjemahan Kami terhitung sangat murah, Anda bisa membuktikan dengan website penerjemah lainnya yang tarifnya selangit. Karena itulah maka, tidak heran jika kami sering menjadi mitra penerjemah Perusahaan-perusahaan besar dalam penerjemah dokumen mereka.

Lebih jelasnya, untuk mengetahui Harga Terjemah, Klik disini

Bagaimana? Anda tertarik berkerja sama dengan kami?
Percayakan dokumen Anda kepada Kami.
Buktikan!

Harga Nego! Bagi Anda yang hendak Order translate dalam jumlah besar, bisa menghubungi kami di 081 217 493 815. order translate diatas 400 halaman siap Nego harga.

Cara Pemesanan : Kirim Surat Penawaran terjemahan dokumen dalam jumlah yang besar pada email kami, kemudian konfirmasi di nomor kami 081 217 493 815.

Kantor Pusat : Jalan Batu Bara No.37c, Malang – Jawa Timur- Indonesia

Phone : 0856 0856 1596 (INDOSAT) – 0812 1749 3815 (TELKOMSEL)
Email : firmansyahbudianto@gmail.com

Jadikan hidup Anda lebih hidup dengan mempercayakan dokumen Anda pada Kami.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

JASA TRANSLATE BAHASA INGGRIS DI BALI

Meskipun di Bali banyak yang ahli dalam bahasa Inggris, namun kesibukan perkantoran bahkan perusahaan sekalipun masih membutuhkan jasa translate di Bali, apakah Anda termasuk yang demikian? Jika benar, maka Anda sudah berada ditempat yang tepat! Hubungi kami 24 Jam non … Baca lebih lanjut

Galeri Lainnya | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

JASA TRANSLATE (TERJEMAHAN) JURNAL KEDOKTERAN

Jasa Translate Jurnal Kedokteran akhir-akhir ini menjadi suatu yang dicari-cari, karena tidak semua jasa translate memiliki kemampuan untuk menerima order jasa translate jurnal kedokteran atan jasa penerjemah jurnal kedokteran. Karena penerjemahan dalam bidang medis sangat sulit apalagi banyak istilah yang khas kedokteran. … Baca lebih lanjut

Galeri Lainnya | Tag , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Jasa Translate Universitas Diponegoro (Undip) | Jasa Terjemahan Semarang Online

Jasa Translate Universitas Diponegoro (Undip) | Jasa Penerjemah Semarang Online |Translate Jurnal Abstrak – Universitas Diponegoro yang biasa dikenal dengan sebutan Undip ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta dan yang baru saja mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro ini diambil dari salah satu nama pahlawan nasional yang juga merupakan seorang pangeran yang pengobar semangat kemerdekaan dari sebuah tindakan kolonialisme Belanda pada awal abad yang ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pada pendirian Undip.

Sejarah Universitas Diponegoro (Undip)

Sekitar pada awal tahun 1950-an masyarakat yang berada di Jawa Tengah pada umumnya dan juga masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas sebagai salah satu pelaksana pendidikan dan juga pengajaran tinggi. Hal itu untuk membantu pemerintah didalam menangani dan juga melaksanakan pembangunan di segala macam bidang. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan juga Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gajah Mada yang sudah berstatus sebagai universitas negeri. Simak artikel lain dengan klik link berikut:
Jasa Translate Abstrak dan jurnal di Semarang.

Jumlah lulusan SMU yang berada di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tingginya di universitas semakin meningkat, akan tetapi karena masih sangat terbatasnya jumlah universitas yang ada, sehingga tidak semua lulusan bisa tertampung. Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin lama semakin mendesak, kemudian dibentuklah Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 pada tanggal 4 Desember tahun 1956 sebagai langkah awal didirikannya sebuah universitas di Semarang dengan menggunakan nama Universitas Semarang.

Jasa Penerjemah Universitas Diponegoro (Undip). Pendirian Universitas Semarang ini ternyata mendapat tanggapan dan juga bantuan dari banyak pihak, khususnya dari masyarakat Semarang, dan Pemda Propinsi Jawa Tengah, serta dari Pemkot Semarang. Secara resmi Universitas Semarang telah dibuka pada tanggal 9 Januari tahun 1957, sebagai seorang Presiden Universitas diangkatlah Mr. Imam Bardjo. Waktu itu beliau juga telah memberikan mata kuliah umum mengenai Hak-hak Azasi Manusia.

Akademi Tata Niaga atau yang sekarang sudah menjadi Fakultas Ekonomi telah dibuka pada tanggal 21 September tahun 1958, sebagai dekan yang pertama, Dr. Tjioe Sien Kiong. Sedangkan dari pendidikan Akademi Teknik, yang kemudian berubah menjadi Fakultas Teknik, yang dibuka pada tanggal 20 Oktober tahun 1958, dengan dekan pertama yaitu, Prof. Ir. R. Soemarman.

Pada upacara Dies Natalis yang ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari tahun 1960 Presiden R.I. Dr. Ir. Soekarno telah mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro, sebagai, salah satu penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya didalam pembinaan bidang pendidikan tinggi yang ada di Jawa Tengah. Universitas (swasta) Diponegoro ini dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung sejak mulai tanggal 15 Oktober tahun 1960 tanggal inilah yang kemudian juga ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro. Pada waktu itu fakutas-fakutas yang sudah berdiri yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat; Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan juga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) dengan cabangnya yang ada di Surakarta, yang kemudian menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Pada perkembangannya kemudian, atas dasar dari Surat Keputusan Presiden RI. No. 1 tahun 1963, IKIP Universitas Diponegoro ini melepaskan diri dan juga kemudian berdiri sendiri sebagai IKIP Negeri di Kota Semarang dan juga IKIP Negeri di Kota Surakarta. Jasa Translate Semarang Online.

Fakultas Ekonomi di Universitas Diponegoro telah lahir pada tanggal 14 Maret tahun 1960, ketika sedang mempersiapkan diri sebagai Universitas Negeri. Sebelum terbentuk Fakultas Ekonomi, yang ada di Undip yaitu Akademi Tata Niaga yang merupakan kelanjutan dari Akademi Tata Niaga di Universitas Semarang. Berdasarkan Peraturan dari Pemerintah No. 7 Tahun 1961 Universitas (swasta) Diponegoro ini dinyatakan sebagai Universitas Negeri terhitung sejak mulai tanggal 15 Oktober tahun 1960.

Setelah diberlakukannya Sistem Kredit Semester pada tahun 1980 secara bertahap dan juga mulai menghasilkan Sarjana Ekonomi sejak pada tahun 1984, rata-rata lulusan adalah 180 orang per tahun. Sampai dengan tanggal 31 Juli tahun 2006 jumlah seluruh lulusan program S1 sebesar 8.826 orang. Sedangkan lulusan untuk Program D III sampai dengan tanggal 31 Juli 2006 sebanyak 7.084 orang.

Sampai saat ini ada 11 macam fakultas yang ada di Undip, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik,  Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Psikologi.

Jasa Penerjemah Abstrak Semarang dan juga Jasa Translate Jurnal Semarang di Universitas Diponegoro (Undip). Segera hubungi kami Jasa Translate Abstrak Jurnal.

Hubungi kami 24 Jam Nonstop, Klik WA.Me/6281217493815

Tarif Terjemahan per lembar, silakan cek disini

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Jasa Translate Universitas Negeri Medan

Translate Universitas Negeri Medan (UNIMED) | Jasa Penerjemah Medan Online – Universitas Negeri Medan (UNIMED) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Kampus Universitas Negeri Medan ini berlokasi di Jalan Pasar V Medan Estate, … Baca lebih lanjut

Galeri Lainnya | Tag , , , | Meninggalkan komentar

JASA TRANSLATE JURNAL SURABAYA

Mencari Jasa Translate Jurnal murah Surabaya? Silakan Klik WA.Me/6281217493815

Halo Arek Suroboyo! Piye kabare, rek? Mugo apik-apik wae yo. Kembali Fatih Translation menyapa Kota Surabaya, kota perjuangan karena semangat para pemuda di masa perebutan kemerdekaan dari Belanda. Sebab itu pula, Surabaya dijuluki dengan Kota Pahlawan.

Saat ini, Apakah kamu butuh jasa translate di Surabaya?

Macetnya Kota Surabaya tak menjadi problem untuk mencari penerjemah jurnal profesional, karena Kami menjawab problem Anda.

Fatih Translation adalah Penyedia Jasa Translate Jurnal Online yang sudah berdiri sejak tahun 2012, ada ratusan jurnal yang sudah rampung kami kerjakan. Tesis, skripsi, abstrak, jurnal internasional, jurnal teknik, jurnal kedokteran telah kami kerjakan satu persatu dengan baik dan hasil memuaskan!

7 Alasan, Mengapa Anda Memilih Jasa Penerjemahan Kami?

1. Profesional, tepat waktu & berkualitas

Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, tepat waktu, dan hasil terjemahan berkualitas untuk Anda.
2. Kecepatan translate yang tinggi

Kami memiliki tim bahasa dengan skill terjemah yang baik, sehingga bisa diharapkan bisa menyelesaikan tugas sesuai waktu yang Anda butuhkan.
3. Harga terjangkau

Harga jasa penerjemah bahasa Inggris / Arab yang kami tawarkan cukup murah, dapat Anda bandingkan langsung dengan harga translate di situs-situs lainnya.
4. Kerahasiaan dokumen

Kami sepenuhnya menjaga kerahasiaan dokumen Anda, bila Anda mengijinkan kami dapat menghapus seluruh dokumen Anda di tempat penyimpanan kami.
5. Layanan 24 jam

6. Jaminan uang kembali & garansi revisi

Uang kembali jika jasa yang kami berikan mengalami kesalahan fatal. Revisi gratis dan 100 % on time deadline.
7. Insya Allah amanah

Silakan hubungi Kami 24 Jam Nonstop, kemudian kami estimasi biayanya.

Hubungi kami 24 Jam Nonstop, Klik WA.Me/6281217493815

Tarif Terjemahan per lembar, silakan cek disini


Email : firmansyahbudianto@gmail.com

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tag , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

JASA TRANSLATE JURNAL ILMIYAH INTERNASIONAL

Klik WA.Me/6281217493815

Mau Translate dengan harga murah? Kamilah solusinya!

Kami telah hadir sejak tahun 2012, kali ini di tahun 2015 kami menerima order kurang lebih 10.000 lembar. Ini hasil kerjasama kami dengan beberapa pihak perusahaan Jasa Translate

Bagaimana? Anda tertarik berkerja sama dengan kami?
Percayakan dokumen Anda kepada Kami.
Buktikan!

Jasa Translate Harga Nego! Bagi Anda yang hendak Order translate dalam jumlah besar bisa menghubungi kami di 0856 0856 1596. order translate diatas 500 halaman siap Nego harga.

Cara Pemesanan : Kirim Surat Penawaran terjemahan dokumen dalam jumlah yang besar pada email kami kemudian konfirmasi di nomor kami 0856 0856 1596.

Kantor Pusat : Jalan Batu Bara No.37c, Malang – Jawa Timur- Indonesia

Phone : 0856 0856 1596 (INDOSAT) – 0812 1749 3815 (TELKOMSEL)
Email : firmansyahbudianto@gmail.com

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

JASA TRANSLATOR BAHASA INGGRIS JURNAL INTERNASIONAL

Klik WA.Me/6281217493815

Mau Translate dengan harga murah? Kamilah solusinya!

Kami telah hadir sejak tahun 2012, kali ini di tahun 2015 kami menerima order kurang lebih 10.000 lembar. Ini hasil kerjasama kami dengan beberapa pihak perusahaan Jasa Translate

Bagaimana? Anda tertarik berkerja sama dengan kami?
Percayakan dokumen Anda kepada Kami.
Buktikan!

Jasa Translate Harga Nego! Bagi Anda yang hendak Order translate dalam jumlah besar bisa menghubungi kami di 0856 0856 1596. order translate diatas 500 halaman siap Nego harga.

Cara Pemesanan : Kirim Surat Penawaran terjemahan dokumen dalam jumlah yang besar pada email kami kemudian konfirmasi di nomor kami 0856 0856 1596.

Kantor Pusat : Jalan Batu Bara No.37c, Malang – Jawa Timur- Indonesia

Phone : 0856 0856 1596 (INDOSAT) – 0812 1749 3815 (TELKOMSEL)
Email : firmansyahbudianto@gmail.com

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar